Berawal Dari Mana Nama Bhayangkara Berasal ???? Baca selengkapnya 👇🏻👇🏻

NEWSRAKYAT.COM - FWJI Tangerang Kota |Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara 2023. Istilah Bhayangkara di ambil dari bahasa Sansekerta yang merupakan merupakan pasukan elite pada masa Majapahit yang bertugas mengawal Raja serta keluarga inti kerajaan.

Gajah mada pernah menjadi anggota pasukan Bhayangkara dan beberapa kali menyelamatkan Raja Majapahit dari ancaman musuh.

Selain bertugas sebagai pengawal pribadi Raja dan keluarga kerajaan, pasukan Bhayangkara di Era Majapahit juga mengemban amanat, untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat agar tidak muncul gangguan yang berpotensi mengusik stabilitas kerajaan.

Meski begitu sejatinya pada tanggal 1 Juli 1946 bukan lah pertama kali terbentuk Korps Polisi di Indonesia, melainkan penyatuan Korps kepolisian yang berada di daerah daerah menjadi satu kesatuan secara Nasional di bawah pemerintahan Republik Indonesia.

Sejak 1 Juli 1946 sampai sekarang setiap tahunnya tepat tanggal 1 Juli di peringati sebagai HUT Bhayangkara atau Hari Bhayangkara atau juga di sebut HUT POLRI atau Hari Kepolisian Nasional.

Untuk tahun ini HUT Bhayangkara 2023 merupakan peringatan HUT ke- 77 Bhayangkara, tepatnya HUT ke -77 Bhayangkara di peringati pada hari ini tanggal 1 Juli 2023, yang di mana tanggal tersebut bertepatan pada hari sabtu.

Tema Hari Bhayangkara 2023 mengutip laman daring resmi Media Humas Polri, HUT ke-77 Bhayangkara mengusung tema " POLRI PRESISI UNTUK NEGERI" Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas.

Tema tersebut juga tercantum logo HUT ke-77 Bhayangkara dalam logo tersebut terdapat angka 77 sebagai usia HUT Bhayangkara tahun 2023.

"Semoga semangat dan dedikasi Polri senantiasa memberikan rasa nyaman, dalam memberikan perlindungan, ketertiban,dan keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Terima kasih kepada seluruh anggota Polri yang tak kenal lelah dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara.

Hari Bhayangkara adalah penghormatan untuk dedikasi dan pengabdian kalian dalam hari Bhayangkara ini juga mari kita sama sama mewujudkan indonesia yang aman,Nyaman,Damai.

Bhayangkara adalah momen yang di mana kita semua harus sadar dan mengerti akan pentingnya menghormati dan mematuhi hukum.

Mari kita menjadi warga negara yang taat hukum demi terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.// Korwil FWJI Tangerang Kota.
Diberdayakan oleh Blogger.