Pengurus FWJI Tangkot Terus Konsisten Berbagi Di Jumat Berkah

NEWSRAKYAT.COM .01/09/2023.
Tangerang FWJI TangKot - Pengurus Korwil Tangerang Kota Kasie Sosial Bapak Pendy bersama OKK FWJI Patar Haholongan di temani beberapa pengurus lainnya melaksanakan program kerja yang di lakukan setiap hari selepas shalat Jum'at.

Program kerja kali ini pengurus FWJI Tangkot membagikan sedekah di sepanjang jalan Poris sampai bunderan jl Benteng Betawi kota tangerang - Jumat(18/08/2023).
Di dalam Al-QUR'AN pun di jelaskan bahwa Sedekah menjadi salah satu ibadah yang bernilai pahala besar dan tercatat dalam Al-Qur'an. Sedekah juga semakin istimewa ketika dijalankan pada hari Jumat.
Dalam beberapa ayat Al-Qur'an tercatat keutamaan dari sedekah. Sedekah disebutkan menjadi amalan yang diganjar pahala berlipat ganda, serta menjadi salah satu cara untuk bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Keutamaan Sedekah dalam Al-Qur'an
surat Al Hadid ayat 18, Allah SWT berfirman tentang balasan orang yang bersedekah.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ - ١٨

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS Al Hadid)

Tercatat juga dalam surat Al Baqarah ayat 254 yang disebutkan bahwa sedekah merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT.

Di dalam surat Al Baqarah ayat 261, Allah SWT menjanjikan balasan rezeki untuk orang yang sudah menginfakkan rezeki di jalan Allah SWT:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ
 "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha mengetahui."

Sedekah kepada sesama tidak ada batasan, bisa dilakukan secara sembunyi ataupun terang-terangan. Dua cara sedekah ini sama-sama baik.

Keutamaan Sedekah Jumat
Sedekah bisa dilakukan kapanpun, namun ketika dikerjakan pada hari Jumat maka pahala yang didapat bisa berlipat ganda.

Ketua umum FWJI bang Opan.mengapresiasi kepada pengurus Kasie Sosial dan OKK serta pengurus lain bahwa mereka masih menjalankan program yang memang sudah ada sejak berdirinya FWJIndonesia di seluruh Tanah Air.

"Sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan", Katanya

"Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan" bagi yang berniat bersedekah melalui FWJI Tangkot bisa mendatangi sekertariat sementara FWJI Tangkot di jl bunga mekar kunciran jaya rt 002 rw 01 no 87 kecamatan pinang kota tangerang," tambahnya 

Pada hari Jumat, Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Hal ini pun diungkapkan dalam sebuah hadits.

Waktu Mustajab di Hari Jumat, Allah SWT Kabulkan Semua Doa
Orang yang berhak menerima sedekah
Dan pemberian sedekah bisa dilakukan tanpa batasan. Artinya sedekah bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja yang membutuhkan. Harta yang disedekahkan juga bisa berapapun sesuai kemampuan dan keikhlasan.

Sedekah bisa ditujukan kepada siapa saja sepanjang tujuannya baik dan mengharap ridha hanya kepada Allah SWT. Namun ada beberapa golongan yang lebih diutamakan seperti Guru,Orang tua, Yatim, Kaum Dhuafa,keluarga, musafir dllnya.

Sedekah bisa dalam bentuk makanan, barang kebutuhan, uang ataupun bantuan yang ikhlas. Islam tidak menyulitkan hambanya dalam beribadah. Semuanya akan bernilai pahala jika dilakukan dengan ikhlas demi mengharapkan ridho Allah SWT.// FWJI Tangkot/Kasie Sosial &OKK.
Diberdayakan oleh Blogger.