Ngeriii" Komet Setan Berada di Gerhana Matahari

Newsrakyat.com || Berdasarkan informasi dari situs Badan Meteorologi Geofisika dan Klimayologi (BMKG),terdapat empat fenomena gerhana yang akan terjadi tahun 2024.

Salah satunya Gerhana Matahati Total (GMT) yang akan terjadi tanggal 08 April 2024. Jum'at (29/03/2024).

Sayangnya peristiwa Gerhana Matahari Total tahun ini tidak dapat di amati di wilayah ekuator juga belahan bumi selatan termasuk Indonesia.

Meski begitu perlu kita ketahui bahwa kejadian Gerhana Matahari Total 2024 adalah fenomena yang sangat spesial.

Bersamaan dengan kejadian Gerhana Matahari Total tersebut akan ada kemunculan Komet Setan atau 12P/ (Pons-Brooks).

Kemunculan Komet Setan pertama kali di abadikan dahulu pada  tanggal 12 Juli 1812 oleh Astronom asal Perancis oleh Jean Louis Pons.

Kemudian pada tanggal 02 September 1883 Komet Setan di temukan kembali oleh Astronom Inggris-Amerika William R Brooks, maka dari itu Komet Setan di kenal sebagai 12P/Pons-Brooks yang di mana menyandang nama kedua Astronom tersebut.

Fenomena Gerhana Matahari Total yang akan terjadi ditahun ini 2024, memiliki karakteristik jenis komet type halley dengan periode orbit sekitar 71 tahun.Bentuknya pun menyerupai tanduk setan makanya menyandang gelar dengan sebutan Komet Setan.

Komet Setan atau 12P/Pons-Brooks sama seperti komet lainnya yang terdiri dari es,debu dan material berbatuan,ketika mendekati matahari panasnya menyebabkan es dalam komet berubah dari padat menjadi gas.

Jadwal kemunculan Komet Setan Visibilitas 12P/Pons-Brooks sangat variasi komet tersebut sangat aktif jika dekat dengan Bumi, komet setan bisa tampak sangat terang dan lain waktu samar samar.

Kemunculan komet setan akan terjadi bersamaan dengan adanya Gerhana Matahari Total 2024 pada tanggal 08 April 2024,namun komet akan melakukan pendekatan ke bumi pada bulan Juni 2024.

Komet akan terlihat di langit gelap yang cerah di atas cakrawala barat setelah waktu senja, untuk bisa melihatnya bisa mengamati menggunakan teropong atau teleskop kecil karena kecerahannya tidak dapat di prediksi.

Setelah terlihat di tahun 2024 ini maka Komet setan atau 12P/Pons-Brooks di prediksi akan kembali terlihat tahun 2095, dengan demikian Komet Setan ini sangat di nantikan oleh para Astriphile.

Bagi yang ingin melihat bisa menyaksikan melalui Live Streaming di berbagai Platform Internet.// C2p
Diberdayakan oleh Blogger.